Penyebab Motor Los Kompresi dan Cara Mengtasinya

Penyebab Motor Los Kompresi dan Cara Mengtasinya

Berawal dari pengalaman saya yang sempat mengalami motor tiba tiba mati saat saya akan pergi ke undangan pernikahan. Perjalanan cukup jauh juga dari Banjar Patroman ke Tasikmalaya ya kira-kira 1,5 jam lah. Sebelum berangkat saya isi penuh dulu bahan bakarnya, buat jaga jaga aja biar ga usah ngisi lagi nanti pas pulangnya. Setelah di isi penuh berangkatlah saya ke Tasikmalaya, namun perjalanan tidak begitu mulus ditengah perjalanan tepatnya daerah Cikoneng Ciamis motor x ride saya tiba-tiba brebet pas di gas dan lama kelamaan semakin hilang tenaganya. Berharap sampai ke tujuan dulu baru di benerin dipikiran saya, tapi sebelum sampai di tujuan x ride saya mati total dah. Di selah berapa puluh kali tetep ga mau nyala. Akhirnya saya dorong ke bengkel terdekat. Setelah di cek ternyata motor x ride saya mengalami los kompresi. Lantas apa sih yang menyebabkan motor los kompresi? dan bagaimana cara mengatasinya? Pertanyaan ini akan saya jawab pada pembahasan di bawah ini.

Penyebab Motor Los Kompresi dan Cara Mengtasinya

Apa itu Los Kompresi?

Sebelum saya membahas penyebab los kompresi dan cara mengatasinya, terlebih dahulu harus paham apa yang di maksud dengan los kompresi. Los kompresi adalah Pada saat motor di kick stater atau stater manual tidak ada tenaganya sama sekali alias ngelos dan ketika di stater biasa susah sekali untuk menyala.
Memang kejadian los kompresi atau kehilangan kompresi bisa terjadi kapan saja. Saat motor dalam keadaan berjalan atau saat akan dipanaskan pun bisa terjadi. Ini disebabkan karena kerak karbon sisa pembakaran yang mengganjal di bagian valve. Jika valve tidak tertutup sempurna maka akan terjadi kebocoran kompresi. Ini yang disebut dengan los kompresi atau kehilangan kompresi.

Tips Mengetahui Motor Los Kompresi

Satu satunya cara yang paling efektif dan akurat dalam mengetahui hilang atau tidaknya kompresi mesin adalah dengan menggunakan compression tester.

 Akibat Yang Ditimbulkan Oleh Los Kompresi

Hilangnya kompresi didalam ruang bakar akan mengakibatkan beberapa hal dibawah ini.
  • Tenaga mesin menjadi loyo atau tidak bertenaga
  • Timbulnya bunyi bunyi knocking didalam mesin yang mengganggu.
  • Kondisi paling parah adalah mesin menjadi pinjang karena salah satu pistonnya tidak bekerja dengan baik akibat hilangnya kompresi.

Penyebab Motor Los Kompresi

Setelah anda mengetahui apa itu los kompresi, tiba saatnya saya jelaskan beberapa penyebab terjadinya los kompresi. Ada beberapa penyebab umum kenapa motor bisa los kompresi. diantarnya :
  1. Pertama kompresi bocor karena klepnya atau bisa juga karena packingnya yang bocor.
  2. Kedua disebabkan oleh lengketnya komponen ring piston. Hal ini biasa disebabkan oleh keringnya komponen ini ( tidak mendapat pelumasan ) atau bisa juga dikarenakan ring piston lengket karena oli pada celah celah ring mengeras dan menjadi seperti gel.
  3. Ketiga disebabkan karena katup baik intake maupun exaust valve tidak tertutup secara sempurna yang dikarenakan menumpuknya kotoran karbon dari hasil pembakaran yang tidak sempurna sehingga katup ini terganjal dan tidak menutup secara presisi pada dudukan atau sitting klep nya.
Itulah 3 Penyebab terjadinya los kompresi yang sering dialami oleh para rider. Setelah mengetahui penyebab motor los kompresi maka langkah selanjutnya adalah mengatasi permasalahannya.

Cara Mengatasi Motor Los Kompresi

Berikut ini saya sampaikan cara mengatasi motor los kompresi yang hasilnya lumayan ampuh dan sangat mudah dilakukan oleh orang sekalipun. diantaranya adalah :
  1. Hanya dengan 3 sendok makan oli baru yang dimasukan ke dalam ruang bakar lewat lubang busi bisa menghilangkan penyakit los kompresi. Cukup sediakan kunci busi atau kunci 18 untuk membuka businya. Kemudian sediakan oli seadanya. Jika busi sudah kebuka, teteskan oli ke dalam lubang busi yang ada di blok motor anda, teteskan secukupnya jangan banyak-banyak. Lalu selah/stater dengan menutup lubang busi tadi dengan jari, nanti kompresinya balik sendiri. Lakukan minimal lima kali selahan, atau seperlunya saja. Setelah dirasa tenaga/kompresinya sudah balik (ditandai dengan beratnya selahan) pasang kembali busi pada tempatnya. Kemudian stater motor seperti biasanya, hasilnya motor ngebul asapnya banyak. Tidak usah kaget itu karena oli yang kita tuangkan tadi, kalau di gas terus pasti olinya habis dan motor siap untuk diajak jalan-jalan kembali.
  2. Cara Kedua sangat manual sekali yaitu Masukan Gigi > Dorong > Lepas Kopling. biasanya di pakai saat motor yang berkopling manual atau motor laki. Nah ini pertama yang harus di lakukan adalah masukan gigi ke gigi 2 atau 3 sehabis itu tekan koplingnya dan dorong lalu lepas koplingnya. Nyala kembali deh.
Demikanlah bahasan mengenai Penyebab motor los kompresi dan cara mengatasinya. bagaimana cukup mudah bukan mengatasi motor yang los kompresi? Semoga artikel saya bisa membantu anda yang sedang di timpa musibah los kompresi ini sebelum di bawa ke deler resmi. Sekian.

Komentar

  1. Kalo tenaganya ngompol penyebabnya apa bang.

    BalasHapus
  2. Ikutin cara di atas alhamdulilah nyala kembali trima kasih suhu

    BalasHapus
  3. Terimakasih infonya mas , sangat membantu. Psisi mtr saya abis los kompresi trs sercing ketemu blog ini. Sukses selalu

    BalasHapus
  4. Part apa yang diganti ya mas jika lost kompresi seperti ini? Benar jika ingin hidup kembali harus dipancing oli

    BalasHapus
  5. Kalau sudah pakai oli udh nyala, tapi di pakai lagi tiba2 mati lagi harus gmna iya ?

    BalasHapus
  6. se7 itu kbiasaan sy skrang juga motor ana kompos lg masslahx bengkel blum buka hadeeeh

    BalasHapus
  7. Kalu sering begitu apa yg harus di ganti y gan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

30 Gambar Modifikasi X Ride Ala Supermoto Paling Tangguh

Lokasi Bengkel Modifikasi X-ride di Jakarta